23.11.10

Mengenal Albert Einstein

Siapa sih diantara kita yang belum pernah mendengar nama Albert Einstein...? Ilmuwan Fisika yang terkenal dengan teori Relativitas yang menyempurnakan teori Gaya Tarik dari Newton yang telah bertahan selama ratusan tahun hingga mendapat julukan “Copernicus Abad 20”. Pada tahun 1919, saat para astronom Inggris mengamati gerhana matahari total, telah membuktikan kebenaran teori relativitas Einstein.
Einstein dilahirkan di kota Ulm, Jerman pada tanggal 14 Maret 1879. Tapi dia tidak tinggal lama di kota kelahirannya karena pada usia satu tahun Einstein dan seluruh keluarganya pindah ke Munich.
Einstein termasuk orang yang melanglang buana dari satu negara ke negara yang lain. Pada tahun 1894, Einstein dan seluruh keluarganya pindah ke Italia dan setahun kemudian Einstein masuk pada sekolah menengah di Swiss. Dan di Swiss inilah kemudian Einstein pada usia ke 26 mendapat gelar Doktor dari Zurich University. Dan pada tahun yang sama pula Eintein menemukan Teori Relativitas yang berisi tentang lima artikel.
Sejak saat itu, berbagai karya dia hasilkan. Seperti karya tulis tentang eksistensi Foton atau partikel cahaya, teori tentang gaya tarik akan mengakibatkan cahaya membelok dan teori gaya berat. Dan setelah menemukan teori yang terakhir inilah Einstein diangkat menjadi Maha Guru di Berlin University sebagai Direktur Lembaga Fisika “Kaisar Wilhelm” serta menjadi anggota Akademi Ilmu
Pengetahuan Prusia”
Negara – negara besar seperti Amerika Serikat, Cina, Jepang, Inggris, Perancis dan Palestina pernah dikunjungi Einstein. Dan dalam perjalanannya itulah Einstein mendapat hadiah sebagai pemenang nobel dalam bidang fisika.
Tidak saja menjadi ilmuwan yang sukses, Einstein juga sangat menghargai kemerdekaan. Itu dibuktikan saat dia mengikuti gerakan Internasional anti penjajah pada tahun 1926. Dan karena kitidaksenangannya pada pemerintah Nazi, Einstein akhirnya pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1933 dan mendapatkan kewarganegaraan Amerika Sekirat pada tujuh tahun kemudian.
Setelah menolak menjadi presiden Israel pada 1953, Einstein meninggal tiga tahun kemudian karena penyakit jantung.
(taken from DA-10-06)

------------------------------------------------------------------------------------------



No comments:

Post a Comment