15.11.10

Awas Radang Tenggorokan

Anda mengalami nyeri tenggorokan yang sangat hebat, menelan sesuap nasi pun susah sekali..? Nyeri seperti ini tentu terasa sangat menyiksa dan sangat menjengkelkan.

Faringitis atau radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering diderita masyarakat pada umumnya. Faringitis disertai dengan gejala flu seperti demam, sakit kepala, pilek dan batuk

Tiga penyebab radang tenggorokan karena infeksi, iritasi dan alergi. Gejalanya dapat berupa rasa sakit di bagian tenggorokan, susah menelan, susah bernafas, batuk, demam dan terjadi pembengkakan di leher.

Infeksi. Infeksi tenggorokan disebabkan oleh 2 hal yaitu virus dan bakteri. Infeksi tenggorokan 80 % disebabkan virus dan hanya 10 – 20 % disebabkan bakteri.
Infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan bersumber dari 3 hal yaitu : kesehatan mulut dan gigi, amandel sebagai sumber infeksi dan sinusitis. Infeksi amandel, gigi yang busuk atau berlubang menjadi tempat berkumpulnya kuman. Kuman inilah yang kemudian masuk ke dalam tenggorokan dan menyebabkan infeksi.
Beberapa gejala umum radang tenggorokan antara lain : rasa pedih, gatal dan kering, batuk dan bersin-bersin, demam atau tanpa demam, suara serak atau parau dan hidung beringus.
Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas, asam, panas atau dingin dan makanan-makanan yang terlalu bergetah, contohnya buah-buahan. Tidak semua buah-buahan aman, khususnya pada mereka yang menderita alergi, karena justru dapat membuat iritasi pada tenggorokan.
Alergi. Sementara alergi merupakan reaksi hipersensitif bagi orang – orang tertentu. Alergi dapat disebabkan berbagai hal seperti makanan, minuman, obat-obatan tertentu, cuaca dan debu.
Alergi tidak dapat diobati karena sudah merupakan bawaan dari lahir. Cara yang paling baik untuk menghindari reaksi alergi adalah dengan menghindari penyebabnya dan meningkatkan atau menjaga daya tahan tubuh, semakin rendah kadar kepekaan yang menyebabkan reaksi alergi.

(taken from JPEB-10-09)

--- Semoga Bermanfaat ---

------------------------------------------------------------------------------------------



No comments:

Post a Comment