23.11.10

Apakah Artikel Itu


Setelah yang dulu kita bahas tentang Cara Menulis Artikel, sekarang Apakah Artikel Itu ... ? Kita pasti pernah atau bahkan sering membaca artikel, baik itu di koran, majalah atau di situs-situs internet. Tapi artikel itu sendiri apa sih..? Ada yang tau ga..? Ga lucu kan kalo kita sering membaca artikel tapi tidak tau apakah artikel itu.

Menurut yang saya baca, artikel berarti tulisan yang membahas suatu topik. Jumlah huruf dalam atikel biasanya tidak lebih dari 5000 karakter. Tapi meskipun begitu saat ini sudah banyak yang menulis artikel lebih dari 5000 karakter (ya... semuanya tergantung keperluan). Artikel biasanya tidak memiliki sub-sub judul atau bab. Jadi intinya, artikel adalah sebuah tulisan yang membahas suatu topik yang mana topik yang dibahas itu akan selesai pada pembahasan saat itu juga dan tidak bersambung pada artikel selanjutnya.

Artikel biasanya hanya berbentuk simpel karena hanya terdiri dari Judul, Pembuka, Isi dan Penutup. Keempat bagian itu tidak bisa diacak dalam penulisannya dan harus sistematis. Maksudnya urutan penulisan bagian-bagiannya memang harus dimuali dari Judul. Pembuka, Isi dan baru kemudian Penutup.

Judul artikel dibuat pada bagian paling atas dari tulisan. Syarat utama dari judul adalah harus menarik. Karena judul yang menarik akan mengundang perhatian pembaca untuk memutuskan untuk membaca artikel tersebut atau tidak. Penulisan judul sebaiknya juga harus lebih besar daripada bagian yang lain.

Pembuka artikel ditempatkan setelah bagian judul. Sebaiknya membuat pembuka sebuah artikel dengan kata - kata yang dapat menerangkan sekilas apa yang akan dijelaskan dalam artikel tersebut. Pembuka yang baik akan mengantarkan pembaca pada kenyamanan dan merasa lebih tau apa yang akan dibaca dalam artikel tersebut.

Kemudian adalah isi artikel. Isi artikel adalah bagian dimana inti dari pembahasan topik tersebut. Isi artikel menjelaskan tentang kenapa, bagaimana, di mana, kapan dan siapa saja yang dibahas dalam topik artikel tersebut.

Yang terakhir adalah penutup. Penutup sebuah artikel sebaiknya dibuat beberapa keterangan tambahan seperti sumber artikel, referensi atau apa saja sebagai kata penutup dari artikel tersebut.

Nah setelah tau apakah artikel itu, maka sekarang kita bisa menuliskan topik-topik yang ingin kita bahas dan bagikan kepada pembaca. Yang kita harapkan tentunya adalah timbal balik dari pembaca untuk tulisan atau artikel yang kita buat, maka pilihlah topik yang benar - benar berguna dan dicari banyak orang sehingga apa yang kita tulis benar-benar sampai pada tujuan kita yaitu dibaca oleh orang lain dan memberikan tanggapan atas tulisan itu.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

------------------------------------------------------------------------------------------



No comments:

Post a Comment