15.11.10

Tunda Proses Penuaan Dengan Gaya Hidup Aktif

Bagaimana gaya hidup kita selama ini..? Pernahkah kita berfikir akan manfaat atau kerugian apa yang akan timbul dari gaya hidup yang kita jalani sekarang...? Kebanyakan orang hanya menganggap bahwa gaya hidup tidak begitu berpengaruh pada diri kita, namun sesungguhnya hal itu adalah memainkan peranan besar dalam kehidupan kita.

Archieves of Internal Medicine, Sebuah studi jangka panjang yang mendasarkan penelitiannya pada 2.401 orang kembar menyatakan bahwa mereka yang aktif secara fisik akan terlihat lebih muda secara biologis daripada mereka yang hanya menghabiskan waktu mereka dengan bermalas-malasan saja.

Dalam penelitian tersebut juga didapati bahwa mereka yang memiliki gaya hidup aktif tampak 10 tahun lebih muda secara biologi dibandingkan dengan mereka yang orang-orang yang lebih banyak duduk diam.

Beberapa peneliti mengkaji bagian sel yang memiliki sifat turun-temurun yang diambil dari DNA dari sel darah putih obyek penelitian dan untuk menentukan panjangnya rangkaian genetika yang disebut telomere, yang ditemukan di ujung kromosom.

Telomere bertambah pendek ketika satu sel terbelah. Ketika Telomere menjadi terlalu pendek, sel-sel berhenti terbelah. Dan penuaan akan terjadi saat lebih banyak sel mencapai akhir telomeresnya dan mati.

Dalam penelitian itu menunjukkan orang yang cukup aktif dan melakukan kegiatan fisik rata-rata 100 menit per pekan memiliki telomere yang rata-rata kelihatan lima atau enam kali lebih muda dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif dan melakukan kegiatan fisik rata-rata 16 menit setiap pekan. Mereka yang melakukan kegiatan paling banyak rata-rata 199 menit per pekan memiliki telomere yang kelihatan sekitar sembilan hingga 10 tahun lebih muda bila dibandingkan dengan mereka yang paling tidak aktif atau pasif.

D Spector, profesor epidemiologi genetika di King's College di London, yang memimpin penelitian itu mengungkapkan bahwa data tersebut menunjukkan bahwa kegiatan olahraga mungkin melindungi tubuh dari proses penuaan. Kegiatan fisik juga dapat mengurangi stres psikologis, yang telah berhubungan dengan panjangnya telomere.

Banyak peneliti mengatakan mereka berharap para dokter dapat memanfaatkan temuan itu untuk mendorong orang agar berolahraga. Spector juga mengharapkan bahwa ketika dokter yang mengajar atau memakai pengobatan klinik mampu memberikan saran kepada pasien mereka, bahwa kegiatan fisik dapat menjadi alasan lain untuk memberi tawaran cara menjaga tubuh dari penuaan dini.

Jadi bagi kita yang mungkin merasa kurang dalam beraktifitas secara fisik, ada baiknya kita mulai dari sekarang untuk menjaga agar aspek biologis kita mampu bertahan lebih lama dalam keremajaan, bukan berarti kita tetep remaja lho, tapi maksudnya agar penuaan dini yang kita takutkan bisa kita minimalisir.

Dari berbagai sumber

Semoga bermanfaat ya...

------------------------------------------------------------------------------------------



No comments:

Post a Comment